8.27.2013

Posted by Unknown
No comments | 11:23:00 AM
Koran salah satu contoh media massa


A. Pendahuluan
Salah satu ciri masyarakat modern yaitu adanya ketergantungan terhadap media massa. Bahkan kebanyakan orang menetapkan apa yang baik dan tidak baik itu berdasarkan informasi dari media massa. Kita tidak akan bisa mengamati realitas dunia ini hanya dengan mata dan telinga saja. Bahkan kita tidak akan bisa berpartisipasi dalam kehidupan kita ini tanpa bantuan media massa. Komunikasi massa merupakan studi ilmiah tentang media massa beserta pesan yang dihasilkan, pembaca atau pendengar atau penonton yang akan coba diraihnya, dan efeknya terhadap mereka. Komunikasi massa merupakan disiplin kajian ilmu yang relatif muda jika dibandingkan dengan ilmu sosial lainnya. Namun peranan media massa menjadi sangat penting di era modern ini, sehingga masyarakat dewasa ini tidak akan lepas dari peran ilmu komunikasi massa. 

B. Definisi Komunikasi Massa
Banyak definisi tentang komunikasi massa yang telah dikemukakan oleh para ahli komunikasi. Namun dari sekian banyak definisi itu dapat ditarik benang merahnya. Pada dasarnya komunikasi massa adalah komunikasi melalui media massa, baik cetak maupun elektronik. Sebab awal perkembangannya saja, komunikasi massa berasal dari pengembangan kata media of mass communication atau media komunikasi massa. Lalu apa itu media massa? Media massa merupakan produk dari teknologi modern sebagai saluran dalam komunikasi massa. Adapun bentuk media massa dapat berupa media cetak seperti koran, majalah, tabloid dan buku serta media elektronik seperti radio, televisi, film dan internet.

C. Ciri - Ciri Komunikasi Massa
Adapun ciri - ciri komunikasi massa diantaranya:
1. Komunikator dalam komunikasi massa bersifat melembaga
Komunikator dalam komunikasi massa bukan satu orang, tetapi kumpulan orang. Artinya, gabungan antarberbagai macam unsur dan bekerja satu sama lain dalam sebuah lembaga. Lembaga yang dimaksud ini menyerupai sebuah sistem. Di dalam sebuah sistem ada interdependensi, artinya komponen – komponen itu saling berkaitan, berinteraksi, dan berinterdependensi secara keseluruhan.
2. Komunikan dalam komunikasi massa bersifat heterogen
Herbert Blumer pernah memberikan ciri tentang karakteristik audience atau komunikan sebagi berikut:  (a) Komunikan dalam komunikasi massa sangatlah heterogen, (b) Berisi individu – individu yang tidak tahu atau mengenal satu sama lain, (c) Mereka tidak mempunyai kepemimpinan atau organisasi formal.
3. Pesannya bersifat umum
Pesan – pesan dalam komunikasi massa tidak ditunjukan kepada satu orang atau satu kelompok masyarakat tertentu. Dengan kata lain, pesan – pesannya ditunjukan pada khalayak yang plural. Oleh karena itu, pesan – pesan yang dikemukakannya pun tidak boleh bersifat khusus.
4. Komunikasinya berlangsung satu arah
Dalam media massa misalnya surat kabar, komunikasi hanya berjalan satu arah. Kita tidak bisa langsung memberikan respons kepada komunikatornya (media massa yang bersangkutan). Kalaupun bisa sifatnya tertunda. Misalnya kita mengirim ketidaksetujuan pada berita itu melalui rubrik surat pembaca.
5. Komunikasi massa menimbulkan keserempakan

Ini merupakan ciri komunikasi massa selanjutnya. Bahwa dalam komunikasi massa ada keserempakan dalam proses penyebaran pesan – pesannya. Serempak berarti khalayak bisa menikmati media massa tersebut hampir bersamaan.



0 komentar:

Posting Komentar