11.17.2014

Posted by Unknown
1 comment | 8:35:00 AM


Seperti kita ketahui bahwa 2014 merupakan tahun dimana akan diselenggarakannya pesta demokrasi terbesar di Indonesia. Masyarakat sebagai konstituen akan menggunakan hak pilih mereka untuk memilih partai dan tokoh politik tertentu yang layak untuk memimpin bangsa ini. Tentunya hal ini menjadi momentum tersendiri bagi beberapa partai dan tokoh politik yang ikut dalam persaingan politik pada pemilu nanti untuk mempromosikan diri mereka. Berbagai strategi pun diterapkan. Salah satunya dengan menggunakan iklan di media elektronik yang dalam hal ini adalah televisi.
Pemanfaatan iklan sebagai media promosi nampaknya bukan hanya dimanfaatkan oleh kalangan pebisnis semata. Namun juga digunakan oleh partai politik untuk mempromosikan program-program mereka. Tak terkecuali dengan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP). Sebagai partai yang sudah cukup lama bertarung dalam percaturan politik di Indonesia, PDIP terus berupaya melakukan berbagai pendekatan dengan masyarakat melalui iklan politiknya. Adapun iklan yang baru-baru ini dilancarkan oleh partai politik ini adalah iklan dengan slogan “Indonesia Hebat”.
Dalam iklan tersebut digambarkan bahwa kondisi pangan Indonesia yang terpuruk. Indonesia belum mampu melaksanakan swasembada pangan. Mayoritas produk-produk yang ada di negara ini merupakan produk impor. Dalam iklan tersebut dipaparkan bahwa menurut data Badan Pusat Statistik tahun 2012, untuk memenuhi kebutuhan pangan dalam negeri Indonesia harus mengimpor beras dari Vietnam, daging ayam dari Malaysia, kedelai dari Amerika, kentang dari Australia, daging sapi dari Australia dan jagung dari India.
Dalam iklan ini Puan Maharani selaku Ketua Harian BP Pemilu PDI Perjuangan sekaligus putri dari Megawati Soekarno Putri (Ketua Umum PDI Perjuangan), menjadi tokoh dalam iklan yang memberikan motivasi, himbauan serta dorongan kepada masyarakat untuk mengembalikan kedaulatan pangan agar tercipta kesejahteraan bagi bangsa Indonesia.
Berdasarkan hasil pengamatan terhadap iklan PDIP versi Indonesia Hebat yang saya tonton di televisi, berikut hasil analisis dari segi komunikasi yang saya bagi ke dalam dua aspek penilaian, yaitu:
a.       Konten Iklan
Iklan yang bertajuk nuansa politik ini menceritakan kondisi Indonesia yang belum mampu melaksanakan swasembada pangan. Pada iklan tersebut divisualisasikan dengan nasi tumpeng yang merupakan makanan khas Indonesia, namun bahan pokok untuk membuat tumpeng tersebut bukan berasal dari tanah Indonesia. Menurut saya konten iklan ini sangat baik dan pas, dimana pembuat iklan menampilkan permasalah (problem) nyata yang terjadi saat ini, kemudian sang tokoh mengajak masyarakat untuk melaksanakan swasembada pangan. Jadi konten yang ada di iklan ini tidak bersifat imajinatif melainkan memang sesuatu yang saat ini sedang terjadi di Indonesi. Kemudian untuk lebih menyakinkan penonton, pada iklan ini dicantumkan pula sumber informasinya yaitu bersumber dari Badan Pusat Statistik (BPS).
Pemilihan slogan “Indonesia Hebat” pun merupakan kata yang pas untuk dijadikan tema dalam iklan. Pemilihan tema tersebut tentunya menjadi motivasi bagi audience untuk menyadari potensi yang Indonesia yang dapat dikembangankan sehingga mendatangkan kesejahteraan.
b.      Pengemasan Iklan (Packaging)
Pengemasan iklan ini saya analisis berdasarkan aspek verbal dan visual dalam iklan. Dari segi verbal kata-kata yang dipilih tokoh untuk menyampaikan pesan mudah untuk dimengerti. Tidak bersifat high context sehingga tidak menimbulkan ambiguitas dan kebingunan audience. Iringan musik yang bernuasna cinta tanah air pun turut memberikan motivasi untuk mengembalikan kedaulatan pangan bangsa Indonesia.
Sedangkan dari segi visual, pemilihan gambar nasi tumpeng dengan berbagai makanan disekelilingnya merupakan pelengkap dari apa yang diucapkan oleh tokoh. Sehingga antara aspek verbal dan visual terjadi saling melengkapi. Untuk lebih menguatkan kredibilitas tokoh dan partai, pada akhir iklan ini ditampilkan pula Megawati Soekarno Putri sebagai ikon dari partai ini.

1 komentar:

  1. INDONESIA HEBAT !!! DI MASA KEPEMIMPINAN JOKOWI-JK, INDONESIA BERUBAH DARI NEGARA BERKEMBANG MENJADI NEGARA INDUSTRI BARU

    BalasHapus