3.27.2014

Posted by Unknown
No comments | 10:11:00 AM

Setiap iklan pasti mengandung pesan-pesan yang ingin disampaikan kepada khalayak. Pesan tersebut dapat berupa pesan verbal melalui suara dan tulisan serta pesan nonverbal yang disampaikan lewat visualisasi iklan. Pada iklan komersil maupun iklan corporate, terkadang pesan yang terkandung di dalam sebuah iklan bukan hanya pesan yang berupa ajakan untuk membeli produk yang ditawarkan saja tetapi juga ada beberapa iklan yang mengandung pesan-pesan sosial baik yang disampaikan secara langsung maupun yang tersirat. Salah satunya contohnya adalah iklan PDIP versi Lebih Baik Berteman.
Iklan PDIP versi Lebih Baik Berteman adala iklan politik dari salah satu partai peserta pemilu pada pemilihan legislatif nanti. Pada iklan tersebut, terkandung pesan bahwa pembuat iklan (partai) ingin mempromosikan dirinya agar masyarakat mengetahui dan mau memilih partai tersebut pada pemilihan umum nanti. Namun berbeda dengan iklan politik lainnya, pada iklan ini pembuat iklan bukan hanya menyampaikan pesan yang bersifat promosi tetapi juga mengandung nilai-nilai berupa nilai sosial yang dikemas melalui visualisasi iklan.
Alasan saya mengatakan bahwa iklan ini mengandung nilai sosial terletak pada pesan yang berupa ajakan daripada berantem lebih baik kita berteman. Kalimat tersebut secara tidak langsung menggambarkan kondisi Indonesia yang diwarnai dengan berbagai konflik, baik yang bersifat personal maupun konflik SARA. Kemudian sang pembuat iklan tersebut mengajak masyarakat untuk menghindari konflik, sehingga dapat hidup rukun satu sama lain.
Penyampaian pesan sosial ini divisualisasikan melalui animasi berupa susunan huruf yang awalnya saling bertengkar satu sama lain dan menyusun kata “BERANTEM”. Kemudian muncul narasi oleh tokoh yang berbunyi “daripada berantem lebih baik kita berteman”, sehingga berubah lah kata tersebut menjadi kata “BERTEMAN”. Kata BERTEMAN pada iklan tersebut memiliki makna bahwa sesama bangsa Indonesia, meskipun saling berbeda satu sama lain baik dari segi suku, agama, ras dan golongan kita harus senantiasa hidup rukun. Konflik akan dapat dihindari apabila terdapat toleransi antargolongan, sehingga terciptalah hubungan harmonis dan saling berjalan beriringan.

Penyampaian pesan pada iklan ini dapat dikatakan sangat simple. Hanya menggunakan sedikit animasi, narasi dan juga dengan durasi yang singkat, audience dapat mengetahui apa yang ingin disampaikan oleh pembuat iklan. Pemilihan desain visual iklan yang simple ini mungkin atas pertimbangan bahwa iklan ini ditujukan untuk seluruh masyarakat dari berbagai lapisan, baik dari segi ekonomi, pendidikan, status sosial, dll, sehingga untuk menghindari kesulitan penafsiran dan ambiguitas oleh audience, dipilihlah desain iklan yang sederhana namun tetap menarik.

0 komentar:

Posting Komentar