3.05.2014

Posted by Unknown
1 comment | 1:16:00 PM
            Ketika seseorang memasuki dunia kampus, pada saat itu pula telah terjadi transformasi dari dunia SMA ke jenjang perkuliahan. Diantara keduanya banyak sekali perbedaan, baik dari lingkungan sosialnya maupun proses kegiatan belajar mengajar di kampus, sehingga tidak jarang hal tersebut membuat seseorang mengalami cultural shock. Pada saat Anda memasuki dunia kampus, Anda harus memulai hidup mandiri, melakukan pekerjaan sendiri, sebab siapa lagi yang melakukan kalau bukan diri sendiri karena posisi Anda jauh dari orang tua. Inilah yang sering menjadi masalah bagi mahasiswa baru terutama mereka yang semasa SMA selalu mengandalkan orang tua dalam semua pekerjaan. Selain itu, Anda juga harus belajar melakukan sesutu dibawah tuntutan dan tanggung jawab. Jadwal kuliah yang padat, tugas yang menumpuk, praktikum dan kegiatan organisasi yang tiada henti menjadi agenda harian yang harus dilakukan. Kegiatan – kegiatan tersebut menjadi keharusan yang tidak boleh diabaikan.
            Kesibukan – kesibukan kampus merupakan sebuah konsekuensi yang harus kita terima. Berangkat pagi, pulang malam menjadi hal yang biasa.  Namun pernahkah Anda merasa lelah dengan semua kesibukan itu? Pernahkan agenda yang sangat padat membuat Anda kurang istirahat dan pola makan sering terabaikan? Atau bahkan sampai membuat Anda jatuh sakit? Ini lah yang sering kali menjadi permasalahan mahasiswa dalam menjaga kesehatannya. Lalu, bagaimana caranya agar dapat menjaga kondisi tubuh tetap fit di tengah kesibukan kampus? Nah pertanyaan itu lah yang menjadi garis besar dalam presentasi yang akan saya uraikan berikut ini.
            Memiliki tubuh yang sehat menjadi keinginan semua orang termasuk Anda. Dengan tubuh yang sehat, maka aktivitas yang kita lakukan dapat berjalan dengan lancar dan sesuai dengan harapan kita. Dengan tubuh sehat pula kita dapat menghemat waktu dan biaya, karena kita tidak harus mengeluarkan waktu dan biaya untuk membeli obat atau pergi ke rumah sakit.
            Ukuran sehat tidaknya seseorang yaitu ketika ia mampu menjaga daya tahan tubuh dari serangan penyakit yang selalu menerpa seperti peyakit demam, flu, batuk dan lain-lain. Menurut organisasi kesehatan dunia (WHO) sehat adalah bila seseorang tidak menderita suatu penyakit baik fisik, psikis atau sosial serta masih produktif. Seseorang dikatakan sakit bila menderita penyakit fisik, jiwa atau gangguan sosial (berinteraksi dengan lingkungannya). Sedangkan kebugaran adalah tubuh dapat melakukan kegiatan sehari-hari tanpa merasa lelah dan masih dapat melakukan kegiatan lainnya seperti berolahraga atau rekreasi . Seseorang tidak bugar bila orang tersebut tidak menderita suatu penyakit namun cepat merasa lelah saat melakukan kegiatan sehari-hari misalnya naik tangga.
            Menjaga kesehatan bukan lah hal yang mudah terutama bagi seseorang yang memiliki banyak aktivitas dan kesibukan seperti mahasiswa. Jadwal kuliah yang padat, tugas yang menumpuk, praktikum dan kegiatan organisasi yang tiada henti menjadi hambatan dalam menjaga kesehatan. Tidak jarang seorang mahasiswa merelakan waktu istirahatnya hanya untuk mengerjakan tugas atau lupa akan kebutuhan makan hanya karena kegiatan organisasi. Memang kelihatannya itu hal yang sepele. Namun, Anda tidak boleh meremehkan hal itu karena jika kebiasaan itu dilakukan secara terus – menerus akan berakibat fatal, baik bagi tubuh Anda maupun akademik Anda sebagai seorang mahasiswa. Anda akan jatuh sakit, kuliah Anda akan terbengkalai, tugas tidak sempat Anda kerjakan karena kondisi tubuh yang tidak memungkinkan dan imbasnya nilai akademik Anda menurun.
Untuk menjaga tubuh tetap sehat dan fit di tengah kesibukan kampus diperlukan beberapa upaya. Di beberapa literatur dijelaskan mengenai langkah – langkah untuk menjaga tubuh tetap fit, namun saya akan menjelaskan beberapa upaya yang semoga dapat membantu Anda dalam menyelesaikan masalah kesehatan Anda. Adapun upaya yang dapat kita lakukan diantaranya:
1.      Istirahat yang cukup
Layaknya sebuah mesin, tubuh manusia pun membutuhkan istirahat. Istirahat merupakan aspek yang penting dalam menjaga kelancaran metabolisme tubuh. Istirahat dapat dilakukan dengan sedikit relaksasi atau juga bisa dengan tidur. Nampaknya ini hal yang sederhana namun sulit untuk dilakukan khususnya bagi mahasiswa. Padatnya jadwal kuliah atau banyaknya tugas sering kali memakan waktu istirahat. Apalagi jika esok harinya akan diadakan kuis atau ujian, SKS (sistem kebut semalam) pun menjadi alternatif. Sebenarnya ini adalah tindakan yang salah karena tubuh dipaksa bekerja.
2.      Memakan makanan yang sehat dengan pola makan yang teratur
Makanan merupakan bahan bakar yang dibutuhkan tubuh untuk melakukan aktivitas sehari – hari. Agar aktivitas dapat berjalan dengan lancar maka dibutuhkan suplai makanan yang sehat dan sesuai kebutuhan kalori kita. Memakan makanan yang tidak sehat dapat mengancam kesehatan seseorang. Setelah kebutuhan makanan yang sehat sudah terpenuhi, maka langkah selanjutnya yaitu menjaga pola makan. Pola makan berkaitan dengan jadwal makan.
3.      Olah raga secara rutin dan berekreasilah J
Dari uraian di atas dapat disimpulkan bahwa kesehatan merupakan aspek penting bagi kehidupan manusia. Dengan tubuh yang sehat semua aktivitas manusia dapat berjalan dengan lancar sesuai yang diharapkan. Sebagai seorang mahasiswa yang memiliki banyak kesibukan, kesehatan menjadi faktor penting, sehingga diperlukan upaya – upaya untuk menjaga kesehatan di tengah kesibukan kampus. Adapun upaya – upaya yang dapat dilakukan diantaranya dengan istirahat yang cukup, memakan makanan yang sehat dengan pola makan yang teratur, olah raga secara rutin dan berekreasi.




1 komentar:

  1. Mempunyai dan memiliki tubuh yang sehat tentu harus dipunyai, agar setiap aktivitas lancar. Tapi masalahnya terkadang malas menjaga tubuh dan ga ada waktu untuk olahraga. Nah, sebenarnya kembali ke diri masing-masing, harus punya motivasi dulu gimana caranya agar bisa punya tubuh yang sehat. Pasti kedepannya lebih semangat untuk menjaga tubuh.. :)

    BalasHapus