A. Pendahuluan
Salah
satu ciri masyarakat modern yaitu adanya ketergantungan terhadap media massa.
Bahkan kebanyakan orang menetapkan apa yang baik dan tidak baik itu berdasarkan
informasi dari media massa. Kita tidak akan bisa mengamati realitas dunia ini
hanya dengan mata dan telinga saja. Bahkan kita tidak akan bisa berpartisipasi
dalam kehidupan kita ini tanpa bantuan media massa. Komunikasi massa merupakan
studi ilmiah tentang media massa beserta pesan yang dihasilkan, pembaca atau
pendengar atau penonton yang akan coba diraihnya, dan efeknya terhadap mereka.
Komunikasi massa merupakan disiplin kajian ilmu yang relatif muda jika
dibandingkan dengan ilmu sosial lainnya. Namun peranan media massa menjadi
sangat penting di era modern ini, sehingga masyarakat dewasa ini tidak akan
lepas dari peran ilmu komunikasi massa.
B. Definisi Komunikasi Massa
Banyak
definisi tentang komunikasi massa yang telah dikemukakan oleh para ahli
komunikasi. Namun dari sekian banyak definisi itu dapat ditarik benang
merahnya. Pada dasarnya komunikasi massa adalah komunikasi melalui media massa,
baik cetak maupun elektronik. Sebab awal perkembangannya saja, komunikasi massa
berasal dari pengembangan kata media of
mass communication atau media komunikasi massa. Lalu apa itu media massa?
Media massa merupakan produk dari teknologi modern sebagai saluran dalam
komunikasi massa. Adapun bentuk media massa dapat berupa media cetak seperti
koran, majalah, tabloid dan buku serta media elektronik seperti radio,
televisi, film dan internet.
C. Ciri - Ciri Komunikasi Massa
Adapun ciri - ciri komunikasi massa diantaranya:
1. Komunikator dalam komunikasi massa bersifat melembaga
1. Komunikator dalam komunikasi massa bersifat melembaga
Komunikator
dalam komunikasi massa bukan satu orang, tetapi kumpulan orang. Artinya,
gabungan antarberbagai macam unsur dan bekerja satu sama lain dalam sebuah
lembaga. Lembaga yang dimaksud ini menyerupai sebuah sistem. Di dalam sebuah
sistem ada interdependensi, artinya komponen – komponen itu saling berkaitan,
berinteraksi, dan berinterdependensi secara keseluruhan.
2. Komunikan
dalam komunikasi massa bersifat heterogen
Herbert
Blumer pernah memberikan ciri tentang karakteristik audience atau komunikan sebagi berikut: (a) Komunikan dalam komunikasi
massa sangatlah heterogen, (b) Berisi individu – individu yang tidak tahu atau
mengenal satu sama lain, (c) Mereka tidak mempunyai kepemimpinan atau organisasi
formal.
3. Pesannya
bersifat umum
Pesan
– pesan dalam komunikasi massa tidak ditunjukan kepada satu orang atau satu
kelompok masyarakat tertentu. Dengan kata lain, pesan – pesannya ditunjukan
pada khalayak yang plural. Oleh karena itu, pesan – pesan yang dikemukakannya
pun tidak boleh bersifat khusus.
4. Komunikasinya
berlangsung satu arah
Dalam
media massa misalnya surat kabar, komunikasi hanya berjalan satu arah. Kita
tidak bisa langsung memberikan respons kepada komunikatornya (media massa yang
bersangkutan). Kalaupun bisa sifatnya tertunda. Misalnya kita mengirim
ketidaksetujuan pada berita itu melalui rubrik surat pembaca.
5. Komunikasi
massa menimbulkan keserempakan
Ini
merupakan ciri komunikasi massa selanjutnya. Bahwa dalam komunikasi massa ada
keserempakan dalam proses penyebaran pesan – pesannya. Serempak berarti
khalayak bisa menikmati media massa tersebut hampir bersamaan.
0 komentar:
Posting Komentar